• SMP ISLAM TERPADU IQRO NOGOSARI
  • Berakhlak Mulia, Cerdas, dan Mandiri

Peringatan Hari Sumpah Pemuda Tahun 2022 SMPIT Iqro Nogosari

Hari ini Jumat, 28 Oktober 2022 SMP ISLAM TERPADU IQRO NOGOSARI mengadakan kegiatan upacara untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda di Halaman SMP ISLAM TERPADU IQRO NOGOSARI diikuti oleh seluruh siswa, guru dan karyawan.

Bapak Agus Richo Prehananto, S.Pd selaku Waka Kurikulum memimpin jalannya upacara dan menyampaikan teks pidato Hari Sumpah Pemuda yang isinya :

Banyak momentum-momentum penting yang menjadi saksi sejarah perjuangan meraih kemerdekaan. Salah satunya adalah momentum dilaksanakannya sumpah pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928. Sumpah pemuda merupakan peristiwa penting yang mampu membakar semangat pemuda-pemudi dari seluruh Indonesia mulai dari Sabang hingga Merauke.

Dengan dilaksanakannya sumpah pemuda perjuangan yang awalnya bersifat kedaerahan akhirnya mampu disatukan oleh janji kesatuan. Pemuda pun akhirnya mengambil porsi penting untuk mewujudkan kemerdekaan Indonesia.

Sebagaimana yang pernah dikatakan Bung Karno sebelumnya “Beri aku 10 pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia”.

Peristiwa sumpah pemuda dilaksanakan pada tanggal 28 Oktober 1928 yang hingga kini diperingati sebagai Hari Sumpah Pemuda. Berawal dari inisiatif para pelajar Indonesia yaitu PPPI (Perhimpunan Pelajar-pelajar Indonesia) serta para cendekiawan Indonesia yang bercita-cita menyatukan seluruh organisasi pemuda di Indonesia, pertemuan-pertemuan demi mewujudkan cita-cita tersebut pun dilakukan.

Pertemuan pertama pun dilakukan pada tahun 1926, hingga akhirnya mendapatkan hasil pada tanggal 20 Februari 1927. Pertemuan kedua pun dilaksanakan pada Mei tahun 1928. Kemudian dilanjutkan dengan pertemuan ketiga pada tanggal 12 Agustus 1928. Pertemuan ketiga ini merupakan pertemuan terakhir yang dihadiri oleh seluruh barisan organisasi pemuda yang ada di Indonesia.

Pertemuan itu pun menghasilkan keputusan bahwasanya akan dilaksanakannya kongres pada bulan Oktober mendatang dengan susunan panitia yang diambil dari setiap organisasi pemuda yang ada. Setiap organisasi memiliki masing-masing satu jabatan. Selain organisasi PPPI, banyak organisasi pemuda yang ikut terlibat diantaranya yaitu Jong Java, Jong Celebes, Jong Soemantranen Bond serta organisasi lainnya.

Kongres sumpah pemuda menghasilkan rumusan yang menjadi pemersatu pemuda-pemudi di seluruh Indonesia. Hingga detik ini rumusan tersebut masih sering dikumandangkan ketika peringatan Hari Sumpah Pemuda.



SUMPAH PEMUDA

  1. Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.
  2. Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.
  3. Kami poetra dan poetri Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Buka Puasa Bersama Siswa dan Orang Tua di SMPIT Iqro Nogosari: Menjalin Silaturahmi dan Membentuk Karakter Islami di Bulan Ramadhan

SMP Islam Terpadu Iqro Nogosari telah mengadakan acara buka puasa bersama siswa dan orang tua pada hari Kamis, 6 April 2023, di Masjid Iqro. Acara ini diawali dengan dzikir sore bersama

07/04/2023 08:01 - Oleh Administrator - Dilihat 504 kali
Kejutan Dari Siswa Untuk Guru di Hari Guru Nasional

Boyolali – Pagi ini, Jumat 25 November 2022 ada yang beda di SMP Islam Terpadu Iqro Nogosari. Pagi yang biasanya diisi dengan shalat dhuha bersama dan rutinan pagi yang lainn

07/05/2020 05:09 - Oleh Administrator - Dilihat 225 kali
Upacara Hari Pahlawan Tahun 2022 Dan Pelantikan Pengurus OSIS Periode 2022/2023

NOGOSARI- Kita sebagai bangsa Indonesia tahu bahwa setiap tanggal 10 November diperingati sebagai hari pahlawan. Peringatan ini merupakan hari bersejarah untuk mengingat perjuangan

07/05/2020 05:09 - Oleh Administrator - Dilihat 115 kali